Tuesday, September 12, 2017

INSOMNIA - Dia Yang Tak Kunjung Terpejam

ResTokoiyoo

INSOMNIA
(Dia Yang Tak Kunjung Terpejam)


" Germis Datang
Musanalah gersang
Ku tetap terjaga
Aku tetap terjaga "

"Habis terkuras
Kelenjer air mata
Ku tetap terjaga
Aku tetap terjaga "

(Insonmia:Efek Rumah Kaca )

Assalamu'alaikum.

Apakah Yoosob adalah salah satu dari sekian banyak penderita gangguan susah tidur atau insomnia ?
Jika iya silakan membaca artikel ini sampai selesai.

Bagi para penderita insomnia, tidur dengan  nyenyak di malam hari layaknya orang normal pada umumnya menjadi suatu hal yang susah sekali di wujudkan. Masalah sulit tidur ini bisa muncul di sebabkan banyak karena , misalnya karena terjangkit suatu penyakit atau karena mempunyai masalah yang belum terpecahkan dan berbagai karena yang lain yang menyebabkan seseorang jadi sulit untuk memejamkan mata (tidur) meskipun sudah cukup lama merebahkan diri di atas tempat tidur.

Apa yang biasanya Yoosob lakukan saat rasa kantuk tak kunjung muncul padahal tubuh sudah minta di istirahatkan ? berolahraga kecil,bersenandung,bersih-bersih kamar ,menghayal hal-hal yang indah (siapa yang bisa menebak ,khayalan-khayalan tersebut bisa di jadikan sebuah novel atau skenario film..hehe),atau malah ada yang cuma mengutak-atik handphone atau komputer sambil mengintip semua akun sosial media yang dia punya..sekedar mengecek sudah berapa follower dan like yang dia peroleh untuk postingan foto nya yang terakhir dan masih banyak hal-hal lain yang mungkin saja di lakukan oleh seorang penderita insomnia.

Terlepas dari positif atau tidaknya kegiatan-kegiatan yang di lakukan oleh seorang penderita insomnia saat yang lain tertidur pulas (sebut saja seperti contoh-contoh diatas) , malah tidak menutup kemungkinan suara dengkuran bisa saja mengundang rasa iri mereka,tetap saja tidur dengan porsi yang cukup  yaitu 8 jam setiap hari menjadi keharusan demi alasan kesehatan .Pernahkah Yoosob mendengar bahwa pada malam hari tubuh kita akan melakukan proses detoksifikasi atau proses pembuangan racun dalam tubuh,dan proses ini akan bekerja optimal saat tubuh dalam keadaan tertidur.Sebenarnya masih banyak kebaikan atau sebutlah efek positif yang bisa kita rasakan saat tubuh mendapatkan waktu tidur yang cukup dan ideal,namun akan terlalu panjang bila di jabarkan di sini,silakan Yoosob berselancar di web browser mana saja yang Yoosob suka untuk mencari tahu manfaat-manfaat lain dari tidur agar Yoosob bisa termotivasi untuk bisa sembuh dari penyakit susah tidur ini,atau di lain kesempatan  saya akan membahas "tidur" lebih mendetail jika di perlukan.

Baiklah bagi Yosoob yang mengalami insomia berkepanjangan jangan berputus asa, semua masalah pasti ada solusinya..kalau cara a,b,c dan seterusnya belum ampuh juga masih ada cara yang lain, hanya mungkin kita belum menemukannya saja. Memang di pasaran sudah banyak di jual berbagai macam obat untuk mengatasi sulit tidur ini,namun jika tidak jeli entah cara meraciknya atau bahan-bahan yang di gunakan bisa saja membawa efek yang tidak baik untuk kesehatan seperti : ketergantungan,dimana setiap harinya dosis yang di butuhkan akan semakin bertambah , di tambah lagi obat yang kita konsumsi seperti pil misalnya memerlukan waktu yang cukup lama untuk proses penguraiannya di dalam tubuh,dan hal ini tentu memperberat kerja organ lain khususnya organ pencernaan kita jika tidak di imbangi dengan banyak mengkonsumsi air putih di khawatirkan insomnia tidak kunjung sembuh malah menambah penyakit baru.

Maka dari itu, Yoosob agar terhindar dari efek-efek negatf yang tersebut tadi di atas tidak ada salahnya mencoba beberapa cara alami  yang saya rekomendasikan ini.Berikut lengkapnya :

1. Lakukan metode 4-7-8

    4 detik tarik nafas , 7 detik tahan nafas , 8 detik hembuskan.
    Lakukan cara ini berulang-ulang sampai yoosob merasakan hasilnya.

2. Masker pelipis buah pala

    Apabila cara pertama tidak bereaksi apa-apa,Yoosob bisa coba cara yang kedua.
    Cara membuatnya :
     a. Ambil 2 biji buah pala lalu kupas kulitnya 


   b. Sesudah itu tumbuklah hingga halus lalu campur dengan sedikit air

   c.Kemudian tempelkan pala yang sudah di giling dan dibubuhi air tadi ke pelipis bila hendak tidur,Insya Allah mata lekas terpejam.

Cara ke 2 masih tidak bekerja,jangan khawatir kita masih ada cara yang ke 3

3. Ramuan Biji Pala
   

 Kalau cara sebelumnya menggunakan biji pala , cara yang berikutnya ini juga sama masih menggunakan bahan utama buah biji pala  selain pengaplikasianya di tubuh berbeda,juga cara yang satu ini menambahkan bahan lain sebagai pelengkap karena lebih berupa ramuan yang sifatnya mengobati langsung dari dalam tubuh.Adapun cara membuat ramuan senidiri adalah sebagai berikut :

     a. Sediakan bahan-bahan seperti di bawah ini "
         - Satu sendok teh biji pala yang sudah di haluskan


       - Satu gelas susu segar
          
          
           
       -  Satu sendok teh madu asli
        

          
       - Setengah sendok teh gula batu

         
         

   b. Rebus susu segar sampai mendidih 
  
 c. Setelah mendidih angkat susu lalu campurkan semua bahan-bahan yang sudah di siapkan tadi ke dalam susu.
  
 d. Aduk dan saringlah campuran tadi lalu minumlah selagi hangat.


Dan lengkapilah langkah-langkah tadi di atas sebagai suatu bentuk usaha Yoosob untuk sembuh dari insomnia dengan menyertainya dengan do'a,karena usaha di sertai do'a membuat segalanya sempurna ๐Ÿ˜€Aamiin.

Adapun do'anya bisa di sesuaikan dengan kepercayaan yang yoosob yakini. Bagi yoosob yang muslim saya akan berbagi Do'a yang biasa di amalkan oleh sahabat Nabi Muhammad SAW yaitu
Said bin Tsabit. Lafadz Do'a tersebut adalah :๐…ต

ุงَู„ู„ู‡ُู…َّ ุบَุงุฑَุชِ ุงู„ู†ُّุฌُูˆْู…ُ ูˆَู‡َุฏَุงุชِ ุงู„ْุนُูŠُูˆْู†ُ ูˆَุฃَู†ْุชَ ุญَูŠٌّ ู‚َูŠُّูˆْู…ُ ู„ุงَุชَุฃْุฎُุฐُูƒَ ุณِู†َุฉٌ ูˆَู„ุงَู†ُูˆْู…ٌ ูŠَุงุญَูŠُّ ูŠَุงู‚َูŠُّูˆْู…ٌ ุฃَู‡ْุฏِู‰ุกْ ู„َูŠْู„ِู‰ ูˆَุฃَู†ِู…ْ ุนَูŠْู†ِูŠْ


ALLAHUMMA GHARATIN NUJUM WA HADAATIL 'UYUN ,WA ANTA HAYYUN QAYYUM, LA TAKKHUZUKA SINATUN WALA NAUMUN YA HAYYU QAYYUM .AHDI' LAILI WA ANIM 'AINI

Atinya : " Ya Allah, bintang-bintang telah redup ,mata-mata telah memejam dan Engkau Maha Hidup lagi Maha terus menerus mengurus makhluk. Tidak menimpa-Mu rasa kantuk dan tidur. Wahai Dzat Yang Maha Hidup dan Maha mengurusi makhluk,tenangkanlah malamku dan tidurkanlah mataku. "

Demikianlah beberapa cara yang bisa yoosob coba dan praktekan untuk mengobati keluhan susah tidur atau insomnia yang Yoosob alami. Semoga artikel ini membantu.Semoga Berhasil !!!

Terima Kasih.

Wassalam.










Source :Buku Resep Obat Kuno(penulis unknown karena halaman sudah tidak utuh) dan berbagai sumber




1 comment: