Saturday, February 24, 2018

Jangan Mencabuti Uban, Biarkan Saja...Itu Baik!

ResTokoiyoo

Jangan mencabuti uban, biarkan saja..itu baik!
pic: she.ID

Adakah yang pernah mengalami saat tengah duduk manis tiba-tiba ibu, ayah, kakek, atau nenek memanggil  dan meminta tolong untuk mencabuti uban mereka.Tak jarang mereka mengiming-imingi akan memberi upah berupa uang apabila kita bersedia mencabuti uban yang menurut mereka cukup mengganggu karena terasa sangat gatal itu.

Uban adalah rambut memutih yang di sebabkan oleh folikel rambut yang berfungsi menghasilkan sel-sel rambut dan warna atau pigmen, yang di dalamnya terkandung melanin yang kemudian folikel atau kantong kecil yang melapisi kulit akan kehilangan sel pigmennya seiring dengan berjalannya waktu. (doktersehat)

Ternyata memelihara uban itu baik dan sangat di anjurkan dalam islam. Dan ini di jelaskan dalam sebuah Hadist Riwayat Ibnu Hibban dalam sahihnya yang berbunyi :

Janganlah mencabut Uban karena uban adalah cahaya pada hari kiamat nanti. Siapa saja yang beruban dalam islam walaupun sehelai, maka dengan uban itu akan di catat baginya satu kebaikan. Dengan uban itu akan di hapuskan satu kesalahan, juga dengannya akan di tinggikan satu derajat “(Sumber : Celoteh muslim)

Uban biasanya di jadikan simbol bahwa seseorang itu sudah memasuki usia yang tua, namun nyatanya banyak anak usia remaja yang mulai di tumbuhi uban. Namun studi meyakini munculnya uban di usia yang tergolong belia tersebut adalah sebagai indikasi bahwa orang itu kemunngkinan kekurangan vitamin B6, B12, biotin, vitamin D, atau vitamin  E dan lain sebagainya.(doktersehat)

Demikianlah Informasi yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, Semoga bermanfaat. Jangan lupa di sampaikan ke nenek atau kakek di rumah, “ Jangan mencabuti uban kek, nek. Biarkan saja..Uban itu baik!

Terima Kasih.



No comments:

Post a Comment