Tuesday, November 14, 2017

Internet Marketing , Marketing Sambil Jogging

ResTokoiyo


picsource:DayafterIndia


Belakangan ini sering sekali terdengar keluhan para pemilik toko ,kios , atau yang semacamnya  kalau omzet mereka makin hari makin menurun , lalu lintas pengunjung terus berkurang , bahkan ada yang sampai terpaksa helo hai bai bai 🙏 menutup usaha mereka karena omzet anjlok sementara tiap bulannya gaji karyawan harus di bayarkan belum lagi untuk menutupi biaya operasional yang lain.

Zaman terus berubah  dan berkembang begitu juga dengan dunia pemasaran kalau tidak pintar-pintar membaca situasi pasar dan mengikuti kemajuan dunia marketing tidak heran kondisi di atas akan di hadapi . Perlahan-lahan cara pemasaran mengalami pergeseran , dulunya orang-orang menjual produknya langsung ke konsumen (Door to Door ) tidak tanggung-tanggung tiap rumah penduduk yang menjadi target pemasaran di datangi satu persatu di jelaskan dari a sampai z mengenai produk yang di bawa namun tak jarang mereka harus pulang dengan tangan hampa , cara seperti tidak benar-benar di tinggalkan meski sekarang internet sudah menawarkan banyak kemudahan , di sekitar tempat tinggal saya contohnya masih sering melihat bapak-bapak , ada yang menggotong Karpet, ada yang membawa cobek , kasur lantai dan lain sebagainya, mereka  menawarkan dagangannya ke rumah-rumah bahkan juga pada siapa saja  yang mereka temui di jalan .

Melihat pemandangan seperti itu saya hanya bisa berandai-andai , seandainya bapak itu mengerti internet marketing tentu mereka tidak harus berlelah-lelah memikul barang dagangannya yang tergolong jauh dari kata ringan itu, berjalan berkilo-kilo meter , berkeliling menawarkan pada orang-orang , jarang sekali ada yang membeli tapi mereka tidak berputus asa mereka terus berkeliling dari satu tempat ke tempat yang lain.

Tapi kembali lagi seandainya Semua orang menggunakan Internet untuk memasarkan produk mereka lalu bagaimana nasib bapak-bapak tadi ? siapa lagi yang akan memperkerjakan mereka ? Internet marketing memang memberi tidak hanya kemudahan tapi juga banyak keuntungan lain , tapi tidak semua orang bisa mengerti cara kerja dari internet marketing tersebut,terlebih bagi mereka yang tidak melek tekhnologi , jangankan mengerti internet menulis pesan di telepon seluler saja mereka tidak bisa , lagi pula Internet itu tidak gratis . Tidak salah juga kata orang “ Mencari uang itu butuh uang “  , begitu pun bapak-bapak tadi walau tidak seberapa jika di bandingkan harga  yang di bayarkan untuk membeli kouta internet tapi tetap saja kan mereka butuh minum dan makan selama perjalanan menjajakan dagangan mereka.




Lain yang di alami bapak- bapak tadi lain lagi yang di rasakan pedagang-pedang yang tidak perlu capek kesana kemari menawarkan dagangannya , pedagang ini mereka yang punya toko atau kios atau tempat sejenis lain ,mereka lebih banyak menunggu di datangi pembeli , dengan perkembangan Internet marketing mereka bisa menjual tidak hanya di toko atau kios ( offline ) saja tapi juga bisa lewat internet ( online ) .

Perkembangan Internet Marketing makin hari makin pesat di Indonesia , bisa di buktikan dengan makin menjamurnya bisnis online terutama online shopping . Awal kemunculan Online Shopping pastinya di hadapkan pada banyaknya keraguan calon pembeli tentang banyak hal dari produk yang di jual seperti masalah originalitas produk , kondisi fisik produk , yang paling sering terjadi produk yang di terima pembeli tidak sama dengan foto yang di dispay di internet alias tidak Real Picture , tapi justru di situlah letak tantangannya semua pebisnis online harus meyakinkan calon pembeli bahwa produk yang mereka tawarkan adalah produk berkualitas dan sesuai dengan yang mereka promosikan lewat internet . Hingga pada akhirnya Bisnis online pada khususnya dan Internet Marketing pada umumnya menjadi hampir mendominasi semua aspek kehidupan manusia dewasa ini . Tidak berlebihan rasanya kalau sekarang , Marketing itu bisa sambil jogging.

Persaingan  Bisnis Online yang ketat juga mengharuskan para pebisnis online ini memeras otak lebih ekstra lagi , beriklan disna-sini , memasarkan produk mereka di semua e commerse , membayar public figure untuk mengendorsement produk mereka, dan ada juga pebisnis online yang membuka peluang bisnis pada orang lain yang bahkan tidak punya basic berdagang untuk ikut andil memasarkan produk mereka yaitu dengan menjadi reseller Dropshiper dan masih banyak cara yang lain.

Perkembangan dunia Internet Marketing ini juga memunculkan banyak ide-ide yang terbilang unik , aneh dan tak biasa pada beberapa orang yang mungkin merasa penasaran apa benar di internet kamu bisa berjualan apa saja ? dan itulah yang mereka lakukan . Yoosob pernahkan kalian mendengar ada yang menjual bekas permen karet pelantun lagu Opps! I did it again dengan harga yang cukup mencengangkan , ada yang menjual wajahnya , ada yang menjual jidatnya bahkan ada yang menjual seluruh hidupnya , entah apa yang mereka pikirkan saat memasang iklan itu di internet .Yoosob kalian mungkin ada yang terinspirasi dan ingin mengikuti jejak orang-orang itu ? Bagaimana kalau sebuah senyuman ? Kenapa tidak , siapa yang tahu sebuah senyuman manis bisa menebarkan aura positif sehingga bisa dijadikan sebagai pereda sakit alami untuk melihatnya , selain dapat materi juga dapat pahala . Sekiranya takut tidak tulus uangnya kan bisa untuk amal . Brilian✌.


Baiklah sampai bertemu di tulisan berikutnya.
Membaca selamat !

No comments:

Post a Comment