Wednesday, July 25, 2018

Ini Leak ku, Mana Leak mu?

ResTokoiyoo




Orang Bali tentu sudah tidak asing dengan sebentuk kata ini, ialah LEAK sosok penyihir jahat yang menakutkan menurut ke percayaan yang berkembang di sana.




Tahu tidak, ternyata LEAk juga merupakan sebentuk kata yang menakutkan di kalangan masyarakat daerah kami orang Minang khususnya untuk kalangan menantu peremuan di lingkungan Orang tua pasangannya atau yang lebih akrab di sebut mertua.

Dalam bahasa kami sehari-hari Bahasa Minang, leak mempunyai arti tidak cakap, lelet  dan ceroboh. Sifat ini akan jadi salah satu pertimbangan saat memutuskan apakah kita kaum wanita cocok atau tidak berpasangan dengan putra mereka.

Makanya tidak salah kalau orang mengatakan jangan mengaku gadis Minang kalau Leak. Sebenarnya ada yang lebih menakutkan dari Leak yaitu Lepak. Lepak mempunyai arti yang hampir sama dengan  leak yaitu tidak sigap terutama  masalah dapur dan mengurus rumah tangga.


Ilustrasi foto : Haibunda.com


Gadis minang harus pintar memasak dan cakap mengerjakan pekerjaan rumah tangga, makanya sedari kecil sudah mulai di ajari banyak hal terutama urusan dapur oleh sang ibu. Namun seiring perkembangan zaman mungkin hal ini tidak lagi jadi sesuatu yang begitu di perhatikan. Terlebih jika sang anak gadis menemukan pasangan d i luar suku minang, Kadang tidak jarang mereka menemukan suami yang pintar memasak. Atau  mungkin mendapat jodoh pasangan yang berlebih secara ekonomi jadi sang istri tidak di perkenankan menyentuh dapur, karena sudah ada Asisten Rumah Tangga.

Semakin tidak leak seorang gadis semakin di sukai banyak calon ibu mertua apalagi di dukung paras yang elok di pandang mata tambahan atitude yang baik pula, bisa saja belum lulus SMA sudah datang pinangan haha berlebihan ya, tapi hal seperti ini memang pernah terjadi dan Yoosob sedang berada di oh abaikan saja!


Sudah itu saja, Terima Kasih. J




No comments:

Post a Comment